Pelatihan Debat Bahasa Arab


DPW V ITHLA Indonesia telah mengadakan Pelatihan Debat Bahasa Arab dengan tema “Mengembangkan Keterampilan Berbicara Melalui Debat” pada Senin (20/04/2020) Pukul 11.00 WITA-selesai, secara online yg diadakan via zoom. Pelatihan ini adalah salah satu proker (program kerja) dari Departemen Penelitian dan Pengembangan DPW V ITHLA Indonesia.

Pelatihan ini dikhususkan untuk DPW V ITHLA Indonesia dengan tujuan guna mempersiapkan kader-kader delegasi perlombaan debat bahasa Arab internasional. Pelatihan debat ini diikuti dari berbagai instansi DPW V ITHLA baik dari jurusan BSA (Bahasa dan Sastra Arab) maupun dari jurusan PBA (Pendidikan Bahasa Arab). Dengan jumlah yang sangat luar biasa yakni 34 dengan peserta terbanyak dari instansi IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Pelatihan Debat tersebut dihadiri oleh sekertaris DPP (Dewan Perwakilan Pusat) ITHLA Indonesia yaitu Mahbubi sekaligus pemateri pada kegiatan pelatihan debat tersebut yang pernah mengikuti perlombaan International Arabic Debater yang dimoderatori oleh Nunu Nur Hasan.

Dalam pelatihan tersebut, Mahbubi memberikan beberapa materi pengantar mengenai dunia perdebatan bahasa Arab, mulai dari tatacara penyampaian argumen, etika dalam menyanggah argumen lawan bicara, semua ada prosedurnya dan banyak tips yang diberikan namun bukan hanya teori yang beliau berikan namun prakteknya juga.

Pelatihan debat bahasa Arab adalah merupakan salah satu program unggulan dari DPP ITLHA. Nah pada pelatihan debat ini banyak kesan yg dapat diambil bahwa ITHLA sangat mewadahi dan mengembangkan skill dari mahasiswa (i) di berbagai instansi dan melatih jiwa berorganisasi didalamnya. Karena, ketika belajar bahasa Arab namun hanya mengandalkan perkuliahan itu kurang efektif atau tidak cukup. Maka dari itu tujuan ITHLA Indonesia adalah membantu mahasiswa (i) BSA maupun PBA meningkatkan kemampuan berbahasa Arab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages